Home » » Penyebab Setir Tiba-tiba Terasa Berat

Penyebab Setir Tiba-tiba Terasa Berat

Written By Unknown on Selasa, 30 Desember 2014 | 02.58

Meskipun sudah berteknologi power steering, terkadang putaran pada lingkar kemudi bisa menjadi lebih berat dibandingkan dengan biasanya saat dikemudikan. Memang sangat jarang terjadi, namun ketika terjadi hal yang demikian tadi paling tidak kita sudah bisa mengetahui penyebabnya. 



Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika setir tiba-tiba terasa berat ?

  1. Perlu dipahami terlebih dahulu sebelum Anda akan mengganti dimensi ban dan lingkar roda, jika penggantian ke dimensi yang jauh lebih besar seringkali membuat lingkar kemudi menjadi berat. Sebagai contoh  ban standar dengan ukuran 13 inci dan bertapak halus diganti dengan ukuran 15 inci dan ban dengan kembang kasar. Hal ini akan membuat setir terasa lebih berat.
  2. Ban yang gundul juga bisa membuat putaran lingkar kemudi mobil Anda menjadi berat. Penyebabnya adalah karena dengan ban yang gundul tersebut area kontak dengan aspal menjadi lebih banyak. Kondisi ini sayangnya jarang dirasakan oleh pengemudi. Salah satu penyebabnya karena sudah dibantu power steering. Jadi, jika kondisi ban mobil Anda sudah gundul, selain rawan pecah juga bisa membuat tenaga yang dipakai tangan menjadi lebih besar.
  3. Tekanan angin ban yang kurang juga sebenarnya membuat lingkar kemudi menjadi berat. Sama seperti ban yang gundul, kejadian ini seringkali tidak dirasakan oleh pengemudi. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, maka lebih baik segera periksa ban dan tekanan anginnya pada mobil Anda secara berkala.
  4. Kerusakan pada sistem power steering juga menjadi penyebab lingkar kemudi bisa tiba-tiba terasa berat. Pada mobil non elektrik power steering perlu dicurigai kinerja dari pompanya, bisa jadi pompa sudah harus di ganti. Kemungkinan lain kebocoran dari sistem minyaknya. Bisa itu dari seal dalam rack steer atau selang luar. Sedang pada sistem elektrik power steering, bisa dari sekring, relay, ECU power steering. Untuk memastikannya, cek lah dari yang paling mudah terlebih dahulu yaitu sekring.
  5. Tingkat keselarasan roda juga dapat mempengaruhi gerak dari lingkar kemudi. Jika tidak selaras antara bagian kiri dan bagian kanan, maka akan membuat roda tertarik kesalah satu sisi. Ketika dibawa jalan jelas setir terasa tidak bisa enak. Keselarasan roda ini juga berkaitan dengan kaki-kaki mobil. Andaikata ada yang kurang beres dengan kaki-kaki mobil Anda, bisa berdampak pada putaran di lingkar kemudi. Harus dilakukan pengecekan secara serius di bengkel. Sangat jarang terjadi secara tiba-tiba karena berkaitan dengan usia pakai komponen pada mobil Anda.
Demikian tadi adalah penyebab dari setir yang tiba-tiba berat, lakukanlah pengecekan secara berkala agar mobil Anda terasa nyaman serta aman apabila dipergunakan.

0 komentar:

Posting Komentar